Memperbaiki Grub yang hilang dan Grub Rescue di Ubuntu


Saya Mau cerita dulu nih…

setelah ubuntu 11.10 release, saya tertarik nih,, dengan ubuntu berdesktop environment KDE,, yaitu Kubuntu 11.10 lalu saya install pake flashdisk, tampilan saya ubah biar persis sama windows 7, hehehe… (tertarik dengan dekorasi yang serba bening berkaca), lama juga saya memelihara dan menjaga si Kubuntu ini, saya update system terus menerus,, masalah Bug dan Error sudah saya alami, dan saya pelajari (Baru tahu yang berwajah KDE penuh dengan Bug Report, dulu pake Gnome stabil dan aman saja)..

yang bikin ngeselin, update yang versi beta atau terakhir malah terjadi crash, penyakitnya yaitu suka log off sendiri, tak terduga, lagi asyik-asyiknya browsing, eh mati hidup sendiri, masuk lagi, mati lagi, pokoknya cape dweh… lalu ada kabar Ubuntu 12.04 telah release, saya berpikir ini enaknya di install ulang atau di upgrade aja yah ? bingung.. kalo di upgrade perlu koneksi internet cepat dan belum tentu masalah error bisa di perbaiki,,, kalo di install ulang perlu download dulu iso kubuntu dan juga perlu internet cepat tapi cape juga nginstall software yang dibutuhin..   lalu setelah di pikir-pikir, saya memilih untuk download iso kubuntu dan install baru os kubuntu, minta bantuan ke teman (Jamal Apriadi), dia kerjanya di warnet, untuk download gratis.. hehehe.. sukanya yang gratis-gratis.. (korban keganasan GNU Project Pak Richard Mathew Stallman).. ahiihihi…

dan kira-kira 3 jam saya download kubuntu 12.04 dengan rata-rata 218kbps, selesai download langsung buat installer di usb flashdisk pake unetbootin, pas mau proses install grub loader, keluar warning.. bahwa “The Installer Crash, you may report the bug”.. waduh,, penyakit apa lagi ini ? bikin kepala puyeng.. tak coba report bug ke kubuntu, lalu install report bug, download paket pythn 6-.., tak restart.. gak muncul grub loader malah ketemu konsole / bash grub..

Dengan Background Hitam dan Teks Putih, Tulisannya kira-kira kaya gini :

Gnu GRUB Version 1.99-21Ubuntu3

Minimal Bash-like line editing is supported. for the first word. Tab lists possible command completions. Anywhere else Tab lists possible devise or file copletions.

grub > |

 waduh.. bener-bener nih bikin pusing.. mau ku ketik apa yah? ah.. ketik exit aja ah.. “grub> exit “..

grub > exit

file system not found,

you may type like bash

grub rescue > |

nah lo.. malah masuk ke grub rescue, ” file system not found, you may type like bash, grub rescue> ” langsung deh kepalaku senut-senut,,, tapi tenang.. kita coba cari solusinya di google.. nah ketemu deh.. langkah-langkahnya :

A. Langkah pertama menginstall kembali Grub, ini bersifat sementara / memanggil Boot loader yang hilang, jika sudah terinstall grub (dalam kasus saya ini Grub Loader belum terinstall). caranya :

  1. Booting menggunakan ubuntu live CD atau Try Ubuntu pake CD Installasi. (hal ini saya pakai xubuntu 11.04), setelah ubuntu-nya menyala lalu buka terminal.

             -Cek partisi hardisknya:
~$ sudo fdisk -l
-Setelah tahu partisi linux nya, lalu (partisi hardsik kubuntu saya /dev/sda8) lanjut:
~$ sudo mount -t ext4 /dev/sda8 /mnt/

                    keterangan : saya pakai dual OS windows dan Kubuntu, untuk file system saya pakai ext4 dan partisi dimana saya install Kubuntu di /dev/sda8
~$ sudo mount -t proc proc /mnt/proc/
~$ sudo mount -t sysfs sys /mnt/sys/
~$ sudo mount -o bind /dev/ /mnt/dev/
~$ sudo chroot /mnt /bin/bash
-Install grub-nya :
~$ grub-install /dev/sda

Lalu reboot/restart, eh.. masih ketemu sama console / bash grub yang kaya tulisan di atas, bagaimana solusinya ? begini caranya,

B. Langkah Kedua mengeset / mengatur dimana grub loader harus berjalan (perintah ini bisa juga di gunakan jika ketemu dengan grub rescue> )

      ketik perintah :
grub > ls
grub > set prefix=(hd0,8)/boot/grub
grub > set root=(hd0,8)
grub > set
grub > ls /boot
grub > insmod /boot/grub/linux.mod
grub > linux /vmlinuz root=/dev/sda6 ro
grub > initrd /initrd.img
grub > boot

Keterangan : Partisi hardisk dimana saya install Kubuntu di hd0,8 ubah angka 8 ini jika anda install ubuntu selain partisi tersebut.

perintah di atas bersifat sementara , jika anda sudah masuk ke desktop ubuntu anda kemudian restart kembali, maka akan ketemu konsole Grub lagi dan ketik ulang perintah di atas, dan kembali masuk ke desktop Ubuntu anda, nah,, supaya tidak ingin terjadi seperti itu lagi maka kita harus mengupdate grub dan menginstall grub secara permanen, Berikut langkah-langkahnya :

Posisi anda sudah masuk ke Desktop Ubuntu anda, lalu buka terminal. ketik :

~$ sudo update-grub

~$ sudo grub-install /dev/sda

~$ sudo update-grub

selesai. silahkan di restart kembali ubuntu anda, dan anda akan melihat hasilnya, tampilan grub default akan tampil dan anda bisa memilih sistem operasi yang  ingin anda buka.

Demikianlah cerita dan tutorial yang bisa saya bagi kepada anda para pembaca setia lukecyber, semoga kasus di atas bisa mengatasi kegundahan anda dan semoga bermanfaat, terimakasih.

Salam Freedom,

Tri Looke Darwanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s