Welcome Terminal (membuat Konsole anda menjadi familiar)


## Welcome Terminal##

mungkin itu judul yang tepat bagi anda yang suka utak – atik Terminal / Konsole / Command Line Interface di GNU/Linux anda.. ini merukan Trik sederhana yaitu menambahkan kata-kata / tulisan / kalimat pada saat terminal dibuka (seperti terminal di linuxmint), untuk korbannya saya pakai KUBUNTU 12.04 LTS GNU/Linux, Bagaimana caranya ? mari kita ke TKP. (kaya OVJ mau main?)

inilah caranya :

1. Buka Terminal

2. ~$ ketik : sudo nano /etc/bash.bashrc ==> interface GNU nano 2.2.6 File: /etc/bash.bashrc telah terbuka.

3. scroll mouse kebawah sampai akhir / pakai arah panah kebawah pakai keyboard sampai akhir. sampai ketemu kode ” fi ”

lalu di bawah kode ” fi ” tulis echo “Selamat Datang di My OS”

dalam hal ini saya tulis dengan seni kode ascii, gambar seperti berikut :

anda bisa membuat seni code ascii disini dan dalam hal ini saya pakai text : LukeOS, font : rectangles, gambar seperti ini :

4. ==> tekan ctrl+X lalu tekan Y dan tekan enter
5. buka tab baru terminal atau tekan ctrl+shift+T
==> maka Tulisan Selamat Datang di My OS akan muncul. Kalo anda mengikuti seperti yang saya tulis di gambar atas maka di peroleh seperti ini :

nah.. demikian corat-coret dari saya.. untuk saya pribadi bentuk tulisannya muncul kayak gambar di atas.

Terimakasih telah membaca dan mempraktekannya. Semoga Bermanfaat. Salam Freedom. (Tri Looke Darwanto)

Leave a Reply

